Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD
Vol. 7 No. 1 (2024): J-SISKO TECH EDISI JANUARI

Perancangan Aplikasi Puzzle Game Dengan Menggunakan Algoritma Breadth First Search

Abdul Halim Hasugian (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Suhardi Suhardi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Mufliha Afiksih (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan: (i) Merancang sebuah aplikasi puzzle game yang dapat menelusuri 8 Planet Dalam Tata Surya, (ii) Menerapkan algoritma Breadth First Search (BFS) ke dalam rancangan aplikasi puzzle game. Perancangan aplikasi Puzzle Game ini menggunakan metode Breadth Fisrt Search dengan software visual studio 2019 dan menggunaan bahasa VB.Net. Penelitian ini memvariasikan potongan puzzle dari 9 pieces, 16 pieces dan 36 pieces. Permainan puzzle ini diselesaikan dengan menggunakan bantuan struktur pohon pelacakan (search tree). Penelitian ini diambil berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri 023891 Binjai pada tanggal 18 s/d 19 oktober 2022. Hasil dari penelitian berhasil membuat aplikasi yang dapat digunakan sebagai sebuah penerapan algoritma Breadth First Search untuk aplikasi puzzle game menggunakan VB.Net. Untukpenyelesaiannya menggunakan satu kasus yaitu matriks 3x3. Dengan menggunakan pohon faktor sebagai proses dari pencariannya. Dengan begitu aplikasi ini telah berhasil dibangun dan dapat berfungsi sesuai tujuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsk

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Bioinformatics/Biomedical Applications Biometrical Application Computer Network and Architecture Computer Vision Content-Based Multimedia Retrievals Information System Data analysis Fuzzy Logic Genetic Algorithm High Performance Computing Image Processing Information Retrieval Information Security ...