Frontier Agribisnis (Frontbiz)
Vol 8, No 1 (2024)

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK KOPI SUSU DI COFFEE SHOP SUNDAY FESTIVAL BANJARBARU

Aahmes Rafi Gani (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat)
Umi Salawati (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat)
Nurmelati Septiana (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Bisnis Coffee Shop semakin marak sehingga menyebabkansemakin ketatnya persaingan. Tiap pelaku usaha berupaya untukmenghadirkan pelayanan terbaik dan terobosan baru padaproduknya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis danmengidentifikasi atribut kopi susu yang menjadi kesukaankonsumen serta preferensi dari konsumen Coffee Shop SundayFestival Banjarbaru dan mengidentifikasi pertimbangan konsumenberdasarkan atribut yang tersedia dalam menentukan pilihanpembelian. Penelitian ini dimulai dari bulan Agustus 2023 sampaiDesember 2023. Penelitian ini merupakan penelitian survey dandalam penarikan contohnya menggunakan metode accidentalsampling. Berdasarkan metode tersebut maka diperoleh respondensebanyak 50 orang. Penelitian ini menggunakan metode analisismultiatribut fishbein dengan skala likert yang digunakan sebagaiskala. Berdasarkan hasil penelitian, atribut yang menjadipreferensi konsumen kopi susu Cremee Brule dan Tiramisu yaiturasa sedang, harga sedang, sajian menarik dan promosi melaluisosial media baik. Kemudian atribut yang paling dipertimbangkankonsumen dari kopi susu Cremee Brule yang diurutkan dari yangtertinggi sampai terendah yaitu promosi melalui sosial mediadengan (Ao) sebesar 14,43, rasa dengan (Ao) sebesar 14,21, sajiandengan (Ao) sebesar 13,17, Harga dengan (Ao) sebesar 10,94.Sedangkan pertimbangan atribut dalam keputusan pembelian kopisusu Tiramisu secara berurutan dari yang tertinggi yaitu promosimelalui sosial media dengan (Ao) sebesar 14,74, rasa dengan (Ao)sebesar 13,90, sajian dengan (Ao) sebesar 13,10, harga dengan(Ao) sebesar 11,60

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fag

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Frontier Agribisnis (Frontbiz) adalah Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM) Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian ULM. Tema jurnal ini mencakup agribisnis secara umum, meliputi: analisis penyediaan input pertanian, analisis usaha tani dan perkebunan, analisis ...