JURNAL PENDIDIKAN TEMATIK DIKDAS
Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas

Pengaruh Implementasi Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

Sri Wiliah Ningtiasih (Universitas Jambi)
Hadiyanto Hadiyanto (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional daerah Kabupaten Sarolangun terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD N 89/VII Pulau Lintang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan menggunakan Quasi eksperimental design sebagai jenis penelitian yang digunakan. Serta pretest post test control group design sebagai rancangan Dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu 4 sekolah dasar yaitu SDN 89/VII Pulau Lintang, SDN 21/VII Penarun, SD N 106/VII Tanjung III dan SD N 46/VII Tanjung II. Sampel pada penelitian ini yaitu 26 siswa kelas IV SD N 89/VII Pulau Lintang. Hasil dari penelitian ini yaitu pengaruh permainan tradisional daerah Kabupaten Sarolangun terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD N 89/VII Pulau Lintang memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap hasil belajar siswa Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Permainan Tradisional

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPTD

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Basic Education Journal terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan Desember dangan e-ISNN 2527-6905 berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan dasara termasuk pendidikan sekolah ...