Pemasaran daging ayambroilerditentukan oleh lembaga-lembagapemasaran yang berada dalam saluran pemasaran. Tujuan penelitianmenganalisissaluranpemasaran,biayapemasaran,keuntunganpemasaran, margin pemasaran danfarmer’s shareserta permasalahandihadapi dalam pemasaran ayambroiler. Jumlah sampel penelitiansebanyak 3 orang peternak, 1 orang pedagang pengumpul dan 11orangpengecer.Analisisdilakukandenganbiayapemasaran,keuntunganpemasaran,marginpemasaran,farmer’ssharedandeskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, saluran pemasaran ayambroilersistempemeliharaanpolamandiridiKabupatenTanahBumbu memiliki dua pola. Besar biaya pemasaran dan margin totaluntuk saluran I adalah Rp 370,58 dan Rp 3.714,29. Besar biayapemasaran dan margin total untuk saluran II adalah Rp 2.284,82 danRp 8.896,10. Keuntungan tertinggi diantara lembaga pemasaran padapedagang pengumpul Rp 3.343,70/kg, sedangkan yang terendah padapedagang pengecer Rp 3.273,66/kg.Farmer’s sharesauran I dan IIsebesar 83,12% dan 67,27%. Permasalahan yang sering dihadapipeternak dalam pemasaran ayam broiler sistem pemeliharaan polamandiridiKabupatenTanahBumbu,yaitumodalusahapenyelenggaraan ternak ayam yang cukup besar
Copyrights © 2022