Frontier Agribisnis (Frontbiz)
Vol 7, No 3 (2023)

ANALISIS USAHATANI PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (STUDI KASUS PADA CV HERVI TRANSSEED DI DESA PADANG PANJANG KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR)

Ramadhani, Widya Wulan (Unknown)
Ikhsan, Sadik (Unknown)
Shafriani, Karimal Arum (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Kelapa sawit merupakan tanaman yang bernilai ekonomis tinggidikarenakan sebagai salah satu produsen minyak nabati.Permintaan ekspor yang terus meningkat setiap tahun untuk kelapasawit telah menyebabkan peningkatan produksi dan luas arealperkebunan kelapa sawit. Seiring meningkatnya luas pertanamankelapa sawit di Kalimantan Selatan, maka usaha pembibitanmemiliki peluang cukup besar dalam memenuhi permintaan bibitkelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknikbudidaya pembibitan kelapa sawit, besarnya biaya, penerimaan,keuntungan serta Break Even Point (BEP) pada usaha pembibitankelapa sawit CV Hervi Transseed. Penelitian ini dilaksanakan diDesa Padang Panjang dan menggunakan metode studi kasus. Padahasil penelitian teknik budidaya pembibitan kelapa sawit yangdidapatkan adalah tahapan persiapan areal pembibitan, tahapanpembibitan awal (Pre Nursery ) dan tahapan pembibitan utama(Main Nursery). Biaya total yang dikeluarkan CV Hervi Transseedselama tahun 2022 sebesar Rp982.488.352. Total Penerimaan(Total Revenue) yang diperoleh sebesar Rp1.260.000.000.Keuntungan yang dihasilkan CV Hervi Transseed sebesarRp277.511.648. Break Even Point atas dasar unit diperoleh padausaha CV Hervi Transseed adalah 20.457 unit. Break Even Pointdalam satuan rupiah sebesar Rp716.210.494.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fag

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Frontier Agribisnis (Frontbiz) adalah Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM) Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian ULM. Tema jurnal ini mencakup agribisnis secara umum, meliputi: analisis penyediaan input pertanian, analisis usaha tani dan perkebunan, analisis ...