Sungai Paring merupakan salah satu Kelurahan yang merupakansentra produksi tahu di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya, keuntungan danefesien pemasaran pada industri tahu rumah tangga di KelurahanSungai Paring Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, penelitianini dilaksanakan dari bulan Desember - Maret 2020. Pemilihantempat penelitian ini dilakukan purposive sampling di KelurahanSungai Paring Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar karenaKelurahan Sungai Paring merupakan sentral produksi tahu yangterbesar ke 2 di Kabupaten Banjar. Metode pengambilan contohyang digunakan adalah metode snow ball sampling, yaitu metodepenarikan sampel yang berantai, dari satu sampel responden yangdiketahui diteruskan kepada responden berikutnya sesuai denganinformasi responden pertama, begitu seterusnya, sehingga respondenyang dihubungkan semakin lama semakin besar. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penyelenggaraan proses berjalannya pemasaranyang ada di Kelurahan Sungai Paring Kecamatan MartapuraKabupaten Banjar hingga tahu mentah sampai ke tangan konsumenakhir. Berdasarkan hasil perhitungan biaya yang dikeluarkan sebesarRp 658.99,- dan keuntungan sebesar Rp 5.441.172,-. saluranpemasaran terdiri dari lima saluran yaitu pada saluran I (produsen →konsumen), saluran II (produsen → pedagang pengecer →konsumen), saluran III (produsen → pedagang pengecer → pedagangbesar → konsumen), saluran IV (produsen → pedagang pengecer →pedagang kecil → konsumen akhir), saluran ke V (pedagangpengecer → pedagang besar → pedagang kecil → konsumen). Darike lima saluran yang tersedia, biaya keuntungan dan farmer’s shareyang diterima bervariatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasaluran II dapat dikatakan lebih efisien karena nilai margin lebih kecildari pada keempat saluran yang ada. Adapun beberapa permasalahnyang ada di saat produsen tahu rumahan melakukan pemasaran diKelurahan Sungai Paring Kecamatan Martapura Kabupaten
Copyrights © 2023