Frontier Agribisnis (Frontbiz)
Vol 6, No 3 (2022)

ANALISIS USAHA PENGOLAHAN KUE BERBAHAN BAKU LABU KUNING DI KELURAHAN LOKTABAT SELATAN KECAMATAN BANJARBARU SELATAN KOTA BANJARBARU (Studi Kasus Pada Usaha Kue Labuana)

Ratna Sari Utami (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat)
Umi Salawati (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat)
Nuri Dewi Yanti (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Usaha Kue Labuana merupakan salah satu UMKM yangmempunyai potensi untuk dikembangkan dengan memanfaatkansumber daya hasil pertanian khususnya labu kuning sebagai bahandasar pembuatan kue. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisbiaya, penerimaan, keuntungan, kelayakan usaha danmengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh usaha KueLabuana di Kelurahan Loktabat Selatan Kecamatan BanjarbaruSelatan. Metode analisis data menggunakan pendekatanperhitungan biaya, penerimaan, keuntungan, RCR dan metodeanalisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, biaya usahapengolahan Kue Labuana selama 1 (satu) minggu dari tanggal 10-16 Oktober 2021 adalah sebesar Rp 10.586.842 dengan penerimaanRp 14.600.000, maka keuntungan yang diperoleh Rp 4.013.158.Nilai revenue cost ratio (RCR) pada usaha usaha Kue Labuana1,379. Permasalahan yang dihadapi pada usaha Kue Labuana, yaitusulit mencari tenaga kerja untuk memproduksi kue ketika pesananproduk meningkat, adanya pandemi COVID-19 dan kebutuhanbahan baku utama labu kuning tergantung tinggi rendahnyaproduksi labu kuning di tingkat petani.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fag

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Frontier Agribisnis (Frontbiz) adalah Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM) Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian ULM. Tema jurnal ini mencakup agribisnis secara umum, meliputi: analisis penyediaan input pertanian, analisis usaha tani dan perkebunan, analisis ...