Pangan adalah kebutuhan pokok manusia yang menjadi dasarbagi para pelaku bisnis untuk membuka dan mengembangkanusaha di bidang makanan. Industri pengolahan pangan merupakansalah satu produk industri pengolahan hasil pertanian yang banyakberkembang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktorinternal dan eksternal serta strategi pengembangan usaha KeripikRio R.M. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptifkualitatif dengan menerapkan analisis SWOT. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa analisis faktor internal dapat diketahuikekuatan utama usaha Keripik Rio R.M adalah produk keripikyang enak dan berkualitas. Sedangkan kelemahan utamanya adalahmanajemen usaha yang masih tergolong kurang. Analisis faktoreksternal peluang utama usaha Keripik Rio R.M adalah sudahadanya perhatian pemerintah terhadap pengembangan usaha darisegi pembinaan, sedangkan ancaman utamanya adalah fluktuasiharga bahan baku dan produk yang mudah ditiru. Strategi yangtepat untuk mengembangkan usaha Keripik Rio R.M berada dikuadran I yaitu menggunakan strategi agresif dimana sebuah usahamenggunakan kekuatan yang ada untuk memanfaatkan peluang.
Copyrights © 2024