Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 3 (2024): May

Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pemanfaatan Buku Teks di Kelas V UPT SD Negeri 068074 Medan Denai

Lestari Br Sinaga (State University of Medan)
Karmelia Br Purba (State University of Medan)
Tri Indah Prasasti (State University of Medan)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Hal ini dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dan buku pelajaran yang digunakan pada Kelas V SD Medan Denai 068074. SD tersebut telah melaksanakan program Merdeka Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan bahwa siswa memperoleh materi pembelajaran yang sesuai dengan teori pendukungnya. Kombinasi wawancara kualitatif dengan wali kelas dan observasi kelas membentuk metodologi penelitian yang digunakan. Temuan Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum dan buku secara umum selaras, dengan tujuan memberikan materi pembelajaran yang obyektif, jelas, terkini, relevan, dan benar kepada siswa. Selain mencakup ruang lingkup dan urutan kurikulum serta OK, buku ini juga dilengkapi sejumlah fitur untuk membantu proses pembelajaran bagi siswa. Namun kami menemukan beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti contoh yang harus lebih bervariasi dan isi buku evaluasi perlu disesuaikan dengan kurikulum pembelajaran yang objektif. Secara umum penelitian Artinya, untuk memfasilitasi proses belajar mengajar yang baik, sangat penting untuk menghubungkan kurikulum dengan isi buku.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...