Journal in Teaching and Education Area
Vol. 1 No. 1 (2024): JITERA - Journal in Teaching and Education Area

KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Nurhasanah (Universitas Sriwijaya)
Deskoni (Universitas Sriwijaya)
Dwi Hasmidyani (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya tahun akademik 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Validitas instrumen dilakukan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya angkatan 2018 yang berjumlah 73 orang. Teknik analisis data kecerdasan spiritualĀ  diperoleh dari hasil angket, dan analisis data prestasi belajar diperoleh dari hasil dokumentasi yang ditunjukkan dengan indeks prestasi belajar (IPK). Berdasarkan perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa thitung= 6,3430<ttabel=1,9939 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya tahun akademik 2018. Kemudian dilakukan pengujian determinan untuk mengetahui seberapa besar variabel kecerdasan spiritual mempengaruhi variabel prestasi belajar diperoleh nilai sebesar 36% sedangkan 64% dipengaruhi faktor variabel lain diluar penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitera

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal in Teaching and Education Area is a double-blind, peer-reviewed, open-access journal in the Education and Teaching area. This journal is initialled as JITERA. JITERA journal provides an academic forum for researchers interested in discussing current and future educational and teaching ...