cover
Contact Name
Aryawira Pratama
Contact Email
jitera.ejournal@gmail.com
Phone
+628972432024
Journal Mail Official
jitera.ejournal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Dr. Purwadi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal in Teaching and Education Area
Published by Yayasan Al Hidayah
ISSN : -     EISSN : 30477034     DOI : 10.69673
Core Subject : Religion, Education,
Journal in Teaching and Education Area is a double-blind, peer-reviewed, open-access journal in the Education and Teaching area. This journal is initialled as JITERA. JITERA journal provides an academic forum for researchers interested in discussing current and future educational and teaching issues. Experts will review all articles before they are accepted for publication. The JITERA journal is published annually in February, June and October. The Al Hidayah Foundation, Indonesia, publishes the JITERA journal. The Al Hidayah Foundation was established in 1998 based on notarial deed number 8, 1998 concerning the Ratification of the Establishment of a Legal Entity, the Al Hidayah Foundation.
Articles 24 Documents
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI GAYA BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN FASE E SMA Yusraini Rezkia; Suci Fajrina; Muhyiatul Fadilah; Fitri Olvia Rahmi; Yosi Laila Rahmi
Journal in Teaching and Education Area Vol. 1 No. 1 (2024): JITERA - Journal in Teaching and Education Area
Publisher : Yayasan Al Hidayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69673/2ry0cn83

Abstract

Pengembangan LKPD pembelajaran biologi perlu dilakukan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar yang akan dikembangkan sebagai bahan ajar yang mampu mendukung optimalnya proses pembelajaran biologi, khususnya materi perubahan dan pelestarian lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan sebanyak 34 orang siswa kelas 10.E2 Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yakni observasi ke sekolah, survey terhadap siswa, serta wawancara mendalam kepada guru. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa lembar angket dan wawancara.  Melalui pengumpulan data yang dilakukan didapatkan hasil bahwa sudah dilaksanakannya pembelajaran berdiferensiasi sesuai anjuran pada kurikulum merdeka . Namun, belum terdapat LKPD dengan model pembelajaran berbasis masalah yang terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar, khususnya pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan. Oleh karena itulah, perlu dikembangkan LKPD berbasis PBL terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan fase E SMA.
LITERATURE REVIEW : ANALISIS PENYUSUNAN MODUL AJAR PADA KURIKULUM MERDEKA Lailatur Rahmi; Suci Fajrina; Yosi Laila Rahmi
Journal in Teaching and Education Area Vol. 1 No. 1 (2024): JITERA - Journal in Teaching and Education Area
Publisher : Yayasan Al Hidayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69673/bqbajh49

Abstract

Saat ini pendidikan di Indonesia menggunakan Kurikulum Merdeka. Berdasarkan review artikel yang telah dilakukan diketahui bahwa guru masih kurang mampu dalam menyusun modul ajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan modul ajar adalah dengan melalui pelatihan pengembangan modul ajar. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan guru setelah dilakukan pelatihan pengembangan modul ajar.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode artikel review yaitu dengan menganalisis artikel yang relevan terkait dengan penyusunan modul ajar Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun modul ajar meningkat setelah diadakan pelatihan. Berdasarkan review artikel yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa pelatihan penyusunan modul ajar Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar.  
SIKAP PENDIDIKAN KRISTEN OLEH ORANG TUA TERHADAP ANAK USIA DINI DI ERA SOCIETY 5.0 Prionaray Bram M
Journal in Teaching and Education Area Vol. 1 No. 1 (2024): JITERA - Journal in Teaching and Education Area
Publisher : Yayasan Al Hidayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69673/xveefm72

Abstract

 Perkembangan teknologi pada saat ini, telah menjadi perkembangan teknologi yang sangat pesat, ditunjang akan bagaimana memasuki dunia era society 5.0. Suatu kesadaran yang mutlak didalamnya bahwa sangat sulit lagi untuk membendung akan pengaruh-pengaruh negatif yang dihasilkan dari penggunaan teknologi tersebut, tanpa memandang akan siapa yang dapat menerimanya, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kajian ini hendak melihat, akan bagaimana Alkitab memberi penjelasan yang jelas akan bagaimana pendapat Allah terhadap perkembangan dunia teknologi. Metode penelitian yang digunakan, ialah metode penelitian studi kepustakaan, yang dalamnya akan membantu secara jelas untuk menyajikan konsep persfektif dengan objektif. Dalam konsep hal ini, memberikan suatu hal yang sangat runtut, bahwa Allah memiliki keberkenanan terhadap teknologi, bilamana dipakai untuk kemuliaan nama-Nya. Olehnya, orang tua harus mampu untuk mengawasi anak dari sejak dini dalam penggunaan teknologi, sehingga seorang anak dapat dengan bijak menggunakan teknologi. 
KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA Nurhasanah; Deskoni; Dwi Hasmidyani
Journal in Teaching and Education Area Vol. 1 No. 1 (2024): JITERA - Journal in Teaching and Education Area
Publisher : Yayasan Al Hidayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69673/maf1zb05

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya tahun akademik 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Validitas instrumen dilakukan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya angkatan 2018 yang berjumlah 73 orang. Teknik analisis data kecerdasan spiritual  diperoleh dari hasil angket, dan analisis data prestasi belajar diperoleh dari hasil dokumentasi yang ditunjukkan dengan indeks prestasi belajar (IPK). Berdasarkan perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa thitung= 6,3430<ttabel=1,9939 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya tahun akademik 2018. Kemudian dilakukan pengujian determinan untuk mengetahui seberapa besar variabel kecerdasan spiritual mempengaruhi variabel prestasi belajar diperoleh nilai sebesar 36% sedangkan 64% dipengaruhi faktor variabel lain diluar penelitian ini.
PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI Nurhasanah; Deskoni; Yusmaini Ulfa
Journal in Teaching and Education Area Vol. 1 No. 2 (2024): JITERA - Journal in Teaching and Education Area
Publisher : Yayasan Al Hidayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69673/cxpgz991

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran. Minat belajar dapat menarik antusiasme peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Di era lingkungan belajar abad 21 ini penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi menjadi solusi dalam upaya meningkatkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik melalui penggunaan media wordwall pada mata pelajaran ekonomi di kelas X.2 SMA Negeri 2 Palembang. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen data pada penelitian ini adalah angket minat belajar. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila data angket minat belajar peserta didik telah mencapai nilai >70% pada tiap indikator minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan siklus 1 hasil nilai angket diperoleh pada kisaran 45% - 70% artinya belum mencapai nilai indikator keberhasilan sehingga diperlukan perbaikan pembelajaran kembali pada siklus 2. Pada siklus 2 rerata hasil nilai penelitian berada pada kisaran 75% - 85% artinya telah mencapai nilai indikator keberhasilan. Sehingga penelitian ini telah dikatakan berhasil. Dengan begitu, media wordwall dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X.2 SMA Negeri 2 Palembang pada mata pelajaran ekonomi.
PERENCANAAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH SWASTA Ramdanil Mubarok; Nur Fitri Hidayah
Journal in Teaching and Education Area Vol. 1 No. 1 (2024): JITERA - Journal in Teaching and Education Area
Publisher : Yayasan Al Hidayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69673/gey2tm40

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan akan kualitas pendidikan yang semakin tinggi, manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam lembaga pendidikan madrasah swasta menjadi krusial untuk memastikan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses perencanaan sumber daya manusia, dan kendala perencanaannya di lembaga pendidikan Madrasah swasta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Hubbul Wathan Sangatta Selatan, dengan inforannya berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan sumber daya manusia dilaksanakan melalui: tahap persiapan, tahap pendataan, tahap pemenuhan kebutuhan, dan program kerja. Adapun kendala yang dihadapi dalam perencanaan manajemen sumber daya manusia yaitu: keterbatasan anggaran, kondisi jumlah siswa, kualifikasi guru yang dibutuhkan, dan keterlibatan orang tua dan masyarakat. Sementara solusinya antara lain: Melakukan promosi dan pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penerimaan siswa. Menerapkan kebijakan penerimaan siswa yang lebih jelas. Mengidentifikasi dan memanfaatkan potensi sumber daya lokal atau dukungan masyarakat untuk meningkatkan daya tarik madrasah. Merancang program unggulan atau layanan tambahan untuk membedakan madrasah dari lembaga pendidikan lainnya. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama di lembaga pendidikan madrasah swasta, serta memperkuat peran dan kontribusi lembaga tersebut dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas dan berakhlak mulia dalam masyarakat.
URGENSI PANDANGAN SOSIOKULTURAL KONSTRUKTIVIS DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR: STUDI LITERATURE Asmawati; Mohammad Rizal Roikhan
Journal in Teaching and Education Area Vol. 1 No. 1 (2024): JITERA - Journal in Teaching and Education Area
Publisher : Yayasan Al Hidayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69673/5ztsxz61

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan terkait dengan urgensi pandangan sosiokultural konstruktivis dalam pendidikan sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review dengan menggunakan bahan sekunder berupa jurnal dan buku yang berkaitan dengan topik kajian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, hakekat sosial dari mekanisme pembelajaran menekankan pada pengembangan belajar siswa melalui interaksi dengan orang yang dianggap lebih mampu. Kedua, konsep kerjasama dalam proses pembelajaran merupakan sebuah mekanisme belajar yang dianggap ideal dengan berfokus pada perkembangan anak didik. Ketiga, zona pengembangan pada siswa sekolah dasar serta hakekat sosial memiliki peran yang seimbang sehingga mengalami proses belajar yang maksimal dari teman sebaya yang lebih memahami. Keempat, adanya kemandirian dan penggunaan media menjadi salah satu bentuk kemajuan dalam proses pendidikan yang kompleks. Kontribusi keilmuan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah penelitian ini mampu memberikan gambaran objektif atas pembelajaran siswa SD yang melibatkan tenaga ahli bukan hanya berfokus kepada guru kelas
PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH Sektyningsih
Journal in Teaching and Education Area Vol. 1 No. 1 (2024): JITERA - Journal in Teaching and Education Area
Publisher : Yayasan Al Hidayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69673/0enymg69

Abstract

Sistem peredaran darah berperan dalam memahami pentingnya gaya hidup sehat, maka penting untuk mempelajari materi tersebut. Kenyataannya, kondisi pembelajaran di sekolah justru menganggap bahwa materi tersebut sulit. Hal ini dikarenakan beberapa hal, antara lain: karakteristik materi bersifat abstrak, metode pembelajaran kurang memfasilitasi peserta didik untuk aktif belajar, peserta didik kurang mengetahui pentingnya materi, sehingga menjadikan kurang berminat dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA pada materi Sistem Peredaran Darah melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian, yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik yang terkait dengan pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran Darah di SMP Negeri 6 Sragen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis interaktif. Sedangkan data dicek kebenarannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil dari penerapan Model Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan dan keaktifan peserta didik dalam memahami materi ajar, karena PBL merupakan model pembelajaran yang mengutamakan keaktifan peserta didik melalui proses penyelidikan atas masalah yang diajukan. Pembelajaran dari seluruh proses tersebut menuntut peran guru dalam menciptakan suasana belajar yang inovatif bagi peserta didik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA/S PESERTA DIDIK FASE E DI SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA Indar Prabowo; Ari Marwiyanti
Journal in Teaching and Education Area Vol. 1 No. 1 (2024): JITERA - Journal in Teaching and Education Area
Publisher : Yayasan Al Hidayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69673/qzgdwm53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media inovatif pada materi pembelajaran zat dan perubahannya kelas X di SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 36 peserta didik. Teknik analisis hasil penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan membandingkan peningkatan hasil belajar peserta didik pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan sebesar 55% dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 91. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik adalahn sebesar 94%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media inovatif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
PENGARUH MODEL  PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN Chintia Pratama Putri; Qumil Laila Arham; Sri Nova Deltu
Journal in Teaching and Education Area Vol. 1 No. 1 (2024): JITERA - Journal in Teaching and Education Area
Publisher : Yayasan Al Hidayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69673/thtsbd87

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar Biologi, yang disebabkan pembelajaran yang berlangsung masih didominasi oleh pendidik, peserta didik kurang termotivasi dan jenuh dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Sutera tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara Purposive Sampling, terpilih kelas X3 sebagai kelas control dan kelas X7 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes pengetahuan awal dan tes hasil belajar. Hasil analisis data mengungkapkan: (1) Hasil belajar Biologi peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (2) Hasil belajar Biologi peserta didik dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar Biologi peserta didik dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional (3) Hasil belajar Biologi peserta didik dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar Biologi peserta didik dengan Pengetahuan awal rendah yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar Biologi peserta didik.

Page 1 of 3 | Total Record : 24