AgroSainT: Jurnal Ilmiah
Vol 12 No 2 (2021)

Pengaruh Beberapa Jenis Pestisida Organik Terhadap Serangan Hama Dan Penyakit Penting Tanaman Cabai Katokkon (Capsicum frutescens. L)

Yuyun Arsita (Unknown)
Driyunitha (Universitas Kristen Indonesia Toraja)
Berlian Zetikarya Haryati (Universitas Kristen Indonesia Toraja)



Article Info

Publish Date
21 May 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa jenis pestisida organik terhadap serangan hama dan penyakit penting tanaman cabai Katokkon (Capsicum frutescens. L) Penelitian dilakukan pada bulan April-Juli 2021 di Alang-Alang, Lembang Sangbua, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini bersifat Tunggal dan dilakukan dalam bentuk percobaan dengan menggunakan faktor tunggal yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) yaitu: Sebagai perlakuan P0= Kontrol, PA= Serai, PB= Daun Sirih, PC= Lengkuas, PD=Babadotan, PE= Bawang Putih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan (PB) memberikan pengaruh baik terhadap intensitas serangan hama dan penyakit, jumlah Buah terbentuk, jumlah buah per tanaman, jumlah buah gugur/plot, jumlah buah gugur/tanaman, bobot buah/tanaman, bobot buah/plot pada tanaman cabai katokkon. Kata Kunci: Cabai katokkon, pestisida organik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

agro

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah AgroSainT diterbitkan sejak tahun 2010 dengan nomor ISSN 2086-2237 dan E-ISSN 2715-4521 adalah salah satu jurnal ilmiah yang diterbitkan dan dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Kristen Indonesia Toraja. Jurnal ini mulai diterbitkan ...