HYPOTHESIS : MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF SOCIAL SCIENCES
Vol 1 No 02 (2022): HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PPKn KELAS II DI SMP NEGERI 1 KOLAKA UTARA

Irwan Irwan (Universitas Muhammadiyah Buton)
Rudi Abdullah (Universitas Muhammadiyah Kendari)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn Kelas II SMP NEGERI 1 Kolaka Utara. Tujuan yang diharapakan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn Kelas II SMP NEGERI 1 Kolaka Utara.Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research),  mengunakan Desain PTK model Kemmis dan Mc Tanggart dengan mengunakan tenik analisis data Satistic Deskritif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas II SMP NEGERI 1 Kolaka Utara. yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang perempuan. Pengolahan data menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dan tahap pelaksanaan penelitian ini disajikan dalam dua siklus.Adapun hasil dari penelitian ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat dari setiap siklusnya, perolehan pada pra siklus dengan nilai rata-rata 54,75, jumlah siswa yang mencapai KKM 8 siswa dengan persentase ketuntasannya 40% dan 12 siswa dengan persentase tidak tuntas 60%. Pada siklus I  dengan nilai rata-rata 62, jumlah siswa yang mencapai KKM 9 siswa dengan persentase ketuntasan siswa 45%,dan 11 siswa dengan persentase tidak tuntas 55%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 72,55, jumlah siswa yang yang mencapai KKM 16 siswa dengan persentase ketuntasannya 80% dan 4 siswa dengan persentase tidak tuntas 20%. Berdasarkan hasil belajar antara prasiklus ke siklus I dan siklus II mengalami peningkatan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hypothesis

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences is a scientific journal in Multidisipliner Sciences published by Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia with e-ISSN : 2963-640X (Online) is a quarterly journal that is published in Juny and December. ...