Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya ke khasan pada kurikulum k 13 berupa tujuan penelitian ini menganalisis bagimana penerapan 6 aspek perkembangan pada kurikulum pendidikan di taman kanak-kanak anggrek, serta visi, misi, muatan pembelajaran strategi pembelajaran dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelaah hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan objek penelitian. Analisis dilakukan dengan teknik trianggulasi data. Hasil dari penelitian, kurikulumnya bertujuan mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran anak-anak untuk mengamalkan ajaran islam. Materi kurikulum mengembangkan 6 aspek perkembangan yakni nilai moral dan agama, fisik dan motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, seni. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan beragam metode, khusus untuk penanaman nilai moral dan agama dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap hari. Teknik evaluasi pendidikan menggunakan unjuk kerja, penugasan, dan observasi
Copyrights © 2023