Pada penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar yang menjadi subjek peneliti ini adalah siswa kela VII di SMP Islam Al – Azhar Cairo Palembang pada semester genap tahun 2019/2020 yang berjumlah 15 orang siswa. Terdiri dari 3 siswa laki – laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing – masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kerja yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan atau dikatakan tuntas jika nilai hasil belajar siswa ≥80 dan ketuntasan klasikal ≥ 80%. Pada data awal peserta didik yang tuntas sebanyak 3(20%) dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 12(80%), pada siklus I pertemuan 1 peserta didik yang tuntas sebanyak 6(40%) dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 9(60%), pada pertemuan 2 peserta didik yang tuntas sebanyak 8(53,33%) dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 7(46,66%). Pada siklus II terlihat peningkatan yang signifikan bahwa peserta didik yang tuntas pada pertemuan 1 berjumlah 11(73,33%) dan yang peserta didik tidak tuntas 4(26,66%), Pada pertemuan 2 peserta didik yang tuntas 13(86,66%) dan peserta didik yang tidak tuntas 2(13,33%). Setelah melaksanakan penerapan media modifikasi alat bola gantung dan lompat kotak dapat diambil kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar lompat jauh dilihat dari data awal siklus I dibandingkan siklus II hasil belajar peserta didik meningkat lebih dari 80%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Lompat Jauh, Bola Gantung, Lompat Kotak
Copyrights © 2020