Kerangka analisa marketing audit atas aktivitas kampanye pemasaran digital dan SWOT analysis dapat diaplikasikan dalam berbagai industri dan khususnya dalam penelitian ini pada industri asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Sequis Life sebagai brand asuransi lokal terkemuka di industri asuransi Indonesia ini perlu melakukan aktivitas pemasaran digital untuk menguatkan brand awareness di tengah kompetisi dengan brand-brand asuransi asing. Di tengah perkembangan teknologi digital yang sangat cepat, diperlukan strategi pemasaran digital yang dapat meretensi pelanggan saat ini dan mengakuisisi pelanggan-pelanggan baru khususnya ke segmen millennial dan post-millennial. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi data ke aset-aset digital milik Sequis Life dan wawancara dengan stakeholder Sequis Life. Hasil penelitian ini menunjukkan optimalisasi aset social media Sequis Life secara parsial optimum pada YouTUbe namun belum pada Facebook dan Instagram. Pengelolaan editorial plan di social media didominasi oleh edukasi keuangan. Optimisasi mesin pencari Google sudah membuahkan hasil dengan meningkatkan posisi 3 kata kunci ke halaman satu. Perlu paid ads yang lebih kontinyu untuk meretensi trafik dan terus meningkatkan brand awareness. Implementasi aplikasi mobile masih difokuskan ke nasabah dan belum dioptimalkan untuk mengakuisisi calon nasabah potensial.
Copyrights © 2022