Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kinerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan publik dan kendala yang dihadapi di Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Kecamatan Cipayung Jakarta Timur berdasarkan indikator-indikator pelayanan publik. Penelitian di khususkan pada jenis pajak BPHTB dan PBB. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam dan observasi. Informan berjumlah 15 orang, terdiri dari wajib pajak 10 orang, 3 orang pegawai, 2 pimpinan melalui teknik snowball sampling. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa pelayanan yang baik dan transparansi dan kejujuran pegawai harus diberikan apresiasi yang baik. Tetapi ada beberapa wajib pajak yang meminta dimaksimalkan pelayanannya dari segi waktu melayani diloket dari wajib pajak ke wajib pajak selanjutnya. Dalam pengajuan proses BPHTB memiliki keterlambatan karena dilihat dari nilai Objek Pajak yang diajukan lebih dari 1 Milyar jadi harus dilakukan tinjau lokasi. Persyaratan pengajuan sudah sangat sesuai dan ringan untuk wajjib pajak. Kendala yang dihadapi kebanyakan wajib pajak tidak mengetahui tentang pajak pegawai harus menjelaskan lebih detail dan harga pembelian atau brang tidak sesuai dengan kenyataan dilapangan. Kedepannya adanya sosialisasi yang intens minimal satu tahun sekali agar masyarakat taat bayar pajak sesuai aturan.
Copyrights © 2021