Pasar tradisional Bangkir menjual berbagai jenis buah mangga. Konsumen biasanya membeli jenis mangga Gedong Gincu. Penelitian ini dilakukan selama bulan Januari 2023 di pasar tradisional Bangkir Kabupaten Indramayu. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) menganalisis perilaku konsumen terhadap pembelian mangga Gedong Gincu di pasar tradisional Bangkir Kabupaten Indramayu. 2) menganalisis faktor-faktor yang mendorong pembelian mangga Gedong Gincu di pasar tradisional Bangkir Kabupaten Indramayu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner yaitu teknik pengambilan sampel untuk mengumpulkan informasi dari responden melalui pertanyaan-pertanyaan. Teknik pengambilan data dengan wawancara kepada petani mangga, pengelola pasar dan kuesioner dengan memberi daftar pertanyaan yang diajukan kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perilaku konsumen terhadap pembelian mangga Gedong Gincu di pasar tradisional Bangkir Kabupaten Indramayu berpengaruh positif terhadap kualitas, harga, rasa, mudah ditemukan dan keramahan penjual buah mangga. 2) faktor yang mendorong pembelian mangga Gedong Gincu di pasar tradisional Bangkir Kabupaten Indramayu yaitu faktor lingkungan, faktor pribadi dan faktor psikologis. 3) berdasarkan hasil perhitungan dalam penelitian ini, nilai kepuasan konsumen terhadap buah mangga Gedong Gincu adalah 160,56 (biasa).
Copyrights © 2024