Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan usaha rumahan yang sebagian besar warga kelurahan Taman Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo mengelolanya. Dalam mengelola UMKM tersebut sudah cukup akan tetapi masing bisa dimaksimalkan dan masih bisa ditingkatkan. Mengelola UMKM tidak hanya dibutuhkan keuletan juga kejelian, akan tetapi diperlukan juga strategi dalam pengembangannya. Business Model Canvas (BMC) adalah salah satu alat manajemen strategis untuk mendefinisikan serta mengkomunikasikan ide atau konsep bisnis dengan cepat dan mudah. BMC ini juga dapat diterapkan pada UMKM warga di kelurahan Taman Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC), maka para pelaku UMKM memperoleh 9 aspek tentang gambaran model bisnis. 9 aspek tersebut diantaranya adalah Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationships, Revenue Stream, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure. Para pelaku UMKM dapat melakukan analisis bisnisnya dengan mengevaluasi 9 (sembilan) aspek yang telah di jelaskan sehingga dapat menyusun strategi pengembangan UMKMnya. Dengan dibantu oleh mahasiswa Universitas PGRI Adi buana Surabaya dan Tim Pengabdian Pada Masyarakat Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Adi buana Surabaya.
Copyrights © 2023