IBERS : Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu
Vol 1 No 2 (2022): IBERS: Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu - Desember 2022

GAMBARAN KONTROL DIRI MAHASISWA BANDUNG DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

Adisty Sheyra Muchyi Pratama (Universitas Muhammadiyah Bandung)
Ahmad Al Pauzi (Universitas Muhammadiyah Bandung)
Ambalika Siti Maulani (Universitas Muhammadiyah Bandung)
Anggun Widya Nurfitasari (Universitas Muhammadiyah Bandung)
Ashilah Dwi Tami (Universitas Muhammadiyah Bandung)
Delia Ratna Sari (Universitas Muhammadiyah Bandung)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi alat ukur self control terhadap penggunaan media sosial pada mahasiswa di Kota Bandung. Konsep self control yang digunakan mengacu pada teori self control Averill (1973), dimana Averill menjelaskan bahwa terdapat tiga aspek kontrol diri, yakni kontrol perilaku, kontrol kognitif dan kontrol keputusan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan modifikasi alat ukur, dimana terdapat 29 item final yang menjadi alat ukur yang disebarkan melalui online dengan media google form. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 201 mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Bandung, dengan teknik sampling yang digunakan adalah teknik non probability sampling, yaitu pengambil sampel dilakukan secara tidak acak atau sesuai dengan tujuan penelitian. Analisis dan uji validitas dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan metode outer dan inner model.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-ibers

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IBERS : Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu. (IBERS) adalah jurnal yang mempublikasikan artikel pendidikan dalam rangka mendidik anak bangsa. Jurnal ini menerima artikel dengan pendekatan penelitian kualitatif, kuantitatif dan Mix Method dengan tema : Integritas, nasionalisme, moral dan etika. ...