Hudan Linnaas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 5, No 1 (2024): Jurnal Hudan Linnaas Vol 5 No. 1, 2024

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KERIPIK SINGKONG CAP LUMBA-LUMBA RASA PEDAS MANIS

Purwati Ratna Wahyuni (Universitas Wiraraja)
Sindi Arista Rahman (Universitas Wiraraja)
Hopid Hopid (Universitas Wiraraja)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Sampel penelitian ini terdiri dari 40 responden yang dipilih secara acak dari pelanggan keripik singkong cap lumba-lumba rasa pedas manis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini berarti semakin tinggi kualitas produk yang dirasakan pelanggan, semakin tinggi pula loyalitas mereka terhadap perusahaan. Selain itu, kualitas pelayanan juga ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Kedua variabel, kualitas produk dan kualitas pelayanan, secara simultan berkontribusi signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan harus fokus pada peningkatan kualitas produk serta kualitas pelayanan yang diberikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hudanlinnaas

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Hudan Linnaas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora promotes normative and empirical inquiry into social sciences and humanities. The journal publishes articles including social sciences, social education, sociology, communication, guiding and counselling, politics, history, public, culture society, ...