Penelitian ini membahas mengenai difusi inovasi konten promosi GoPayLater cicil pada iklan e-commerce tokopedia di YouTube. Bagaimana pihak Tokopedia mempromosikan iklannya kepada masyarakat dalam menggunakan metode transaksi GoPayLater Cicil. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana konten promosi GoPayLater Cicil pada iklan E-commerce Tokopedia di YouTube. Fokus penelitian ini menggunakan teori Difusi Inovasi dalam menentukan tingkat keberhasilan inovasi dan mendapatkan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan informan. Analisis konten didasarkan pada teori difusi inovasi Rogers untuk mengevaluasi penerimaan inovasi GoPayLater Cicil dalam transaksi online di Tokopedia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pihak E-commerce Tokopedia melakukan kerja sama dengan pihak Gojek dalam menggunakan inovasi terbaru melalui iklan YouTube. Penemuan transaksi GoPayLater Cicil merupakan perkembangan dari penggunaan saldo GoPay yang bisa digunakan oleh pengguna aplikasi Tokopedia dan Gojek untuk membeli barang secara online. Hal ini juga dihargai oleh beberapa masyarakat yang berpendapat bahwa iklan yang diberikan Tokopedia sudah baik, dan memiliki unsur hiburan, termasuk juga dengan pilihan saluran komunikasi menggunakan platform media YouTube sebagai sarana promosi yang bisa dikatakan sudah tepat.
Copyrights © 2024