Hudan Linnaas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Hudan Linnaas Vol 4 No. 1, 2023

STRATEGI DAKWAH PONDOK PESANTREN NURUL HUDA DESA PAKAMBAN LAOK UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK SANTRI

Rosyidi Rosyidi (Institut Dirosat Islamiyah Al-amien- (IDIA))
Lailis Sariroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2023

Abstract

Di Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Pakamban Laok selain karakter dan latar belakang santri yang bermacam-macam, Pondok Pesantren Nurul Huda juga memiliki beberapa santri yang seringkali berulah seperti, tidak menghormati yang lebih tua, bertengkar, berkata tidak sopan, pacaran, mencuri, dan lain sebagainya. Melihat problem tersebut maka keberadaan pondok pesantren memiliki peran aktif di dalam melakukan strategi dakwah untuk meningkatkan akhlak santri. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan strategi dakwah Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Pakamban Laok untuk meningkatkan akhlak santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi dakwah yang dilakukan Pondok Pesantren Nurul Huda untuk meningkakan akhlak santri, yaitu melalui beberapa strategi diantaranya adalah strategi, 1) Nasehat, 2) Pengajian kitab kuning, 3) peraturan pondok pesantren, 4) Kegiatan keagamaan, 5) Keteladanan, dan 6) Pembiasaan. Serta terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan akhlak santri. Dengan adanya strategi ini, santri semakin meningkat akhlaknya dibuktikan dengan adanya peningkatan dalam kualitas ibadah santri serta akhlak santri yang mulai membaik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hudanlinnaas

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Hudan Linnaas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora promotes normative and empirical inquiry into social sciences and humanities. The journal publishes articles including social sciences, social education, sociology, communication, guiding and counselling, politics, history, public, culture society, ...