Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 4 No. 2 (2024): Artikel Periode Juli 2024

Pengaruh Working Capital Turnover, Current Ratio dan Debt To Equity Ratio terhadap Return on Equity terhadap pada PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

Safira Sagiratun (sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE) bima)
Aliah Pratiwi (sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE) Bima)
Mukhlis (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Working Capital Turnover, Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio terhadap Return On Equity baik secara parsial maupun simultan pada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan perusahan selama 34 tahun (1989-2022), sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu data laporan keuangan perusahaan selama 15 tahun (2008-2022) dan teknik sampling yang di gunakan adalah purposive sampling. Jenis data penelitian menggunakan data kuantitatif dengan sumber data sekunder. Tekhnik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan alat analisis data menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang telah dilakukan dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa secara parsial working capital turnover dan debt to equity ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap return on equity dan secara parsial current ratio berpengaruh signifikan terhadap return on equity. Begitupun secara simultan diperoleh hasil bahwa working Capital turnover, current ratio dan debt to equity ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap return on equity pada PT Japfa Indonesia Tbk.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...