International Journal of Economics, Management and Accounting
Vol. 1 No. 2 (2024): June : International Journal of Economics, Management and Accounting

Targeting Global Markets: Malaysia and Singapore, Kayavit's Effective MSME Strategy to Go International

Yuliati Yuliati (Universitas Negeri Malang)
Sudarmiatin Sudarmiatin (Universitas Negeri Malang)
Rosmiza Bidin (Universiti Putra Malaysia)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Berkembangnya usaha kripik buah yang mampu memenuhi permintaan dipasar domestik, Kayavit berusaha untuk bisa mengekspor hasil produksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh Kayavit untuk menembus pasar global?dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan strategi efektif UMKM Kayavit untuk Go International? Metode penelitian ini adalah kualitatif, dengan studi kasus sebagai pendekatan, tehnik wawancara yang digunakan melibatkan informan utama pemilik usaha dan informan pendukung adalah pekerja UMKM Kayavit KotaMalang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah UMKM Kayavit sudah berhasil menembus pasar luar negeri yaitu Singapura dan Malaysia. Kendala yang dihadapi Kayavit dalam menembus pasar internasional adalah belum terpenuhinya semua permintaan global karena kapasitas produksi yang tidak cukup besar. Birokrasi terkait produk ekspor yang rumit dan pesaing luar negeri yang menjual produk sejenis dengan harga yang lebih murah.Kontribusi penelitian untuk membantu petani sayur dan buah dalam meningkatkan ekonomi keluarga, UMKM Kayavit mengembangkan keripik sayur dan buah yang berkualitas dengan membeli bahan baku dari petani lokal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJEMA

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Topics in this journal relate to any aspect of management, but are not limited to the following topics: Human Resource Management, Financial Management, Marketing Management, Public Sector Management, Operational Management, Supply Chain Management, Corporate Governance, Business Ethics, Management ...