Ulul Albab: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 1 No. 1 (2023): April

Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru PAI di Sekolah Dasar Kecamatan Majalaya

Khansa Ayu Fatimah (UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Dalam pelaksanaannya di lembaga pendidikan, supervisi masih menemui berbagai kendala baik itu dalam teknik penyampaian maupun intensitas pelaksanaan supervisi yang dilakukan belum ditetapkan dengan baik sehingga pengawas PAI masih insidental mengadakan pembinaan dan pelatihan kepada guru PAI dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; apakah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru PAI SD dalam proses pembelajaran di Kecamatan Majalaya? Bagaimanakah pengaruh supervisi akademis terhadap kinerja guru PAI SD dalam proses pembelajaran di Kecamatan Majalaya. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni, pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan guru PAI SD di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung mampu meningkatkan kinerja guru PAI SD dalam proses pembelajaran melalui supervisi akademik. Adanya peningkatan kemampuan guru dalam pembelajaran, terlihat dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70.87, kemudian pada siklus II menjadi 82.25 terjadi peningkatan sebesar 11.38. terjadi perubahan kategori penilaian pada siklus I kategorinya Cukup berubah menjadi Baik pada siklus II. Kemudian, persentase kemampuan guru pada siklus I sebesar 76.15% dengan kategori penilaian Cukup, sedangkan pada siklus II persentase kinerja guru PAI SD menjadi 86.07% dengan kategori penilaian Baik meningkat sebesar 7.92% dari siklus I.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Ululalbab

Publisher

Subject

Religion Education

Description

ULUL ALBAB: Journal of Islamic Education (e-ISSN 3026-0736; p-ISSN 3026-1414) is published by the Faculty of Islamic Religion at Universitas Islam Nusantara Bandung. ULUL ALBAB journal is open to the public as a platform to foster creativity and encourage collaborative efforts among academics, ...