cover
Contact Name
Endi Suhendi
Contact Email
ululalbab@uninus.ac.id
Phone
+628892822960
Journal Mail Official
ululalbab@uninus.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta No.530, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Ulul Albab: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 30261414     EISSN : 30260736     DOI : https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1
Core Subject : Religion, Education,
ULUL ALBAB: Journal of Islamic Education (e-ISSN 3026-0736; p-ISSN 3026-1414) is published by the Faculty of Islamic Religion at Universitas Islam Nusantara Bandung. ULUL ALBAB journal is open to the public as a platform to foster creativity and encourage collaborative efforts among academics, educators, researchers, and observers of educational issues. This journal publishes academic papers on Teaching Islamic Education and Islamic Education Studies both in the Indonesian and international contexts with a multidisciplinary perspective as well as discussing important topics in Islamic education, both in theory development and implementation of a comprehensive education system. This journal is an open access journal so that all parties are allowed to read, download, copy, distribute, print, or link to part or all of the article without charge and prior permission from both the author and the journal editorial team. Manuscripts are published three times a year, namely in April, August and December in Indonesian or English, with abstracts in Indonesian and English.
Articles 20 Documents
Penggunaan Model Think Pair Share Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Mts SA As-Solehhiyah Bojongsoang Elfina Yuliyanti; Nur’ainiyah Nur’ainiyah; Siti Latifah
ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30999/ulul albab.v1i1.2793

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya siswa yang belum mampu memiliki keterampilan berpikir kritis. Juga berdasarkan data dan fakta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Dalam hal ini maka dibutuhkan penggunaan model Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) perbedaan kemampuan awal berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara kelas IX kontrol dan kelas IX eksperimen. 2) perbedaan kemampuan akhir berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara kelas IX kontrol dengan menggunakan model konvensional dan kelas IX eksperimen dengan menggunakan model Think Pair Share. 3) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara kelas IX kontrol dengan menggunakan model konvensional dan kelas IX eksperimen dengan menggunakan model Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Tempat penlitian ini yaitu di MTs SA As-Solehhiyah Bojongsoang. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan teknik obervasi dan tes. Instrumen penelitian ini terdiri dari 12 soal yang diuji validitas dengan hasil nilai r hitung > r tabel 0.433 yaitu 11 soal yang dinyatakan valid, dengan hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa hanya 11 variabel yang dinyatakan reliabel dengan nilai croanbach alpha 0,869 maka dinyatakan tingkat reliabilitas tinggi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji independent sample t-test atau uji mann whitney u test), dan uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan awal berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara kelas IX kontrol dan kelas IX eksperimen, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan akhir berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara kelas IX kontrol dengan menggunakan model konvensional dan kelas IX eksperimen dengan menggunakan model Think Pair Share, dan terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara kelas IX kontrol dengan menggunakan model konvensional dan kelas IX eksperimen dengan menggunakan model Think Pair Share.
Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Jujur Siswa di Mts Darul Hikmah Bojongsoang Inu Susantika; Hoerul Umam
ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30999/ulul albab.v1i1.2794

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya karakter jujur siswa di Mts Darul Hikmah Bojongsoang. Bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung sekaligus upaya yang dilakukan oleh Guru PAI dalam membentuk karakter jujur siswa di Mts Darul Hikmah Bojongsoang yang masih belum dirasakan optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskritif tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi langkah reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Kompotensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter jujur siswa di MTs Darul Hikmah meliputi beberapa indikator kompetensi kepribadian diantaranya jujur, tegas dan keteladanan. Untuk kompetensi kepribadan jujur diantaranya guru memberikan penilaian objektif, mengikuti pelatihan dan mengakui kekurangan, indikator tegas diantaranya menegur, mengambil keputusan dan berpakaian rapih dan untuk indikator keteladanan yaitu berpaikan bersih, rapih, mengucapkan salam dan hadir tepat waktu. dari beberapa indikator diatas sudah dilaksanakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter jujur di MTs Darul Hikmah Bojongsoang.Adapun (1) Faktor penghambat pembentukan karakter jujur siswa diantaranya: Faktor internal, meliputi: a. Kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya kejujuran,b. terbatasnya pengawasan dari sekolah dan c. faktor eksternal, meliputi: a. lingkungan keluarga dan b. lingkungan masyarakat (2) Faktor pendukung diantaranya: a. dorongan dari kepala sekolah, b. dedikasi guru terhadap tugas dan tanggung jawabnya, c. keteladanan guru. Upaya tahapan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter jujur siswa melalui kompetensi kepribadian guru meliputi: (1) Integrated Kurikulum, (2) Keteladanan (3) Pembiasaan (4) Bimbingan Konseling dan (5) Membangun tim peningkatan pembentukan karakter jujur pada siswa.
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri 49 Bandung Siti Arofah Fauziah; Endi Suhendi
ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30999/ulul albab.v1i1.2795

Abstract

Penelitian ini berfokus pada masalah siswa yaitu siswa kurang mandiri saat proses pembelajaran dan hanya menunggu perintah guru, dan kurangnya pengetahuan bagaimana cara untuk kreatif dalam pembelajaran.tujuan dalam penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui Model Discovery learning di SMP Negeri 49 Bandung 2) Untuk mengetahui  kemampuan berfikir kreatif siswa mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negei 49 Bandung 3) Untuk mengetahui pengaruh Model Discovery learning terhadap kemampuan berfikir kreatif mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 49 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik atau dalam pengambilan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengambilan samppelnya menggunakan random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis instrumen, uji asumsi klasik, uji statistik deskriptif dan pengujian hipotesis uji t, untuk mengetahui besarnya pengaruh varabel tanggapan siswa tentang discovery learning terhadap kemampuan berfikir kreatif, peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil dalam penelitian ini yakni, hasil pengujian statistik deskriptif pada variabel (X) tanggapan siswa tentang model discovery learning mendapatkan hasil rata-rata sebesar (48,97) dengan di kategorikan cukup , hasil pengujian statistik deskriptif pada variabel (Y) kemampuan berfikir kreatif (49,43) di kategorikan cukup, Hasil dari pengujian statistik yang menggunakan SPSS 20 pada tanggapan siswa tentang model discovery learning terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa diperoleh nilai t hitung nya = 2,025 < 2,048 = t tabel, dan sig. = 0,052 > 0,05 (5%) jadi Ho di terima, ini berarti tanggapan siswa tentang discovery learning tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berfikir kreatif, berdasarkan besarnya R square 88%, jadi 88% di pengaruhi oleh sebab-sebab lain bukan dipengaruhi oleh model discovery learning.
Pengaruh Kewibawaan Guru PAI Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi Shalma Nabila Faujiani; Rusman Nurdiansyah
ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30999/ulul albab.v1i1.2796

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui Kewibawaan guru PAI di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi. 2) Untuk mengetahui minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi. 3) Untuk mengetahui pengaruh kewibawaan guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional yang bersifat ex post facto. Sampel dalam penelitian ini yakni 104 responden. Hasil studi ini menunjukkan bahwa kewibawaan guru PAI berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik. Hal ini diperoleh dari hasil statistik uji regrensi dengan nilai t hitung sebesar 2.056 dengan nilai signifikansi sebesar 0,042 lebih kecil dari 0,05 dan koefisien regrensi mempunyai nilai sebesar 171, maka hipotesis penelitin ini terbukti yaitu “Kewibawaan guru PAI terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik di SMP BP Al-Masthuriyah Sukabumi. Keterbatasan penelitian ini adalah masih banyak variabel lain yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa  di SMP BP Al-Masthuriyah tetapi tidak diteliti di penelitian ini, seperti motivasi belajar, fasilitas sekolah dan persepsi peserta didik. Variabel-variabel tersebut disarankan untuk diteliti pada penelitian selanjutnya. Orisinalitas penelitian ini adalah belum ada penelitian sebelumnya yang mengidentifikasi motivasi kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti kewibawaan guru di SMP BP Al-Masthuriyah.
Penerapan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru PAI di Sekolah Dasar Kecamatan Majalaya Khansa Ayu Fatimah
ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30999/ulul albab.v1i1.2797

Abstract

Dalam pelaksanaannya di lembaga pendidikan, supervisi masih menemui berbagai kendala baik itu dalam teknik penyampaian maupun intensitas pelaksanaan supervisi yang dilakukan belum ditetapkan dengan baik sehingga pengawas PAI masih insidental mengadakan pembinaan dan pelatihan kepada guru PAI dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; apakah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru PAI SD dalam proses pembelajaran di Kecamatan Majalaya? Bagaimanakah pengaruh supervisi akademis terhadap kinerja guru PAI SD dalam proses pembelajaran di Kecamatan Majalaya. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni, pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan guru PAI SD di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung mampu meningkatkan kinerja guru PAI SD dalam proses pembelajaran melalui supervisi akademik. Adanya peningkatan kemampuan guru dalam pembelajaran, terlihat dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70.87, kemudian pada siklus II menjadi 82.25 terjadi peningkatan sebesar 11.38. terjadi perubahan kategori penilaian pada siklus I kategorinya Cukup berubah menjadi Baik pada siklus II. Kemudian, persentase kemampuan guru pada siklus I sebesar 76.15% dengan kategori penilaian Cukup, sedangkan pada siklus II persentase kinerja guru PAI SD menjadi 86.07% dengan kategori penilaian Baik meningkat sebesar 7.92% dari siklus I.
Penggunaan Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII di Mts Sa As-Solehhiyah Bojongsoang Dewi Yasmin Apriliani; Aji Setiaji; Eliva Sukma Cipta
ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30999/ululalbab.v1i2.2817

Abstract

Penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII di MTs SA As-Solehhiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diamati, yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang stagnan. Data di lapangan menunjukkan bahwa hanya sepuluh persen dari dua puluh empat guru yang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, dan dari empat puluh enam siswa, hanya sepuluh orang yang lulus, sementara tiga puluh enam orang tidak lulus karena nilai yang tidak memuaskan. Temuan ini mengindikasikan perlunya modernisasi pendidikan melalui model pembelajaran TGT. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengevaluasi kemampuan awal siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang diajar dengan menggunakan model TGT dibandingkan dengan model konvensional, 2) mengidentifikasi perbedaan hasil belajar kognitif antara kedua model tersebut, dan 3) membandingkan kemampuan kognitif awal antara kelas eksperimen (TGT) dan kelas kontrol (konvensional) pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah soal pre-test dan post-test (delapan butir soal). Analisis data menggunakan independent sample t-test untuk tujuan pertama dan kedua, serta uji Mann-Whitney untuk tujuan ketiga. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak terdapat perbedaan hasil kognitif awal antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (signifikansi 0,000); 2) terdapat perbedaan hasil kognitif akhir (signifikansi 0,000); dan 3) terdapat perbedaan peningkatan kognitif (signifikansi 0,000).
Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Pelajaran Fikih De Ima Ismayanti; Etep Rohana; Siti Latifah
ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 3 (2023): Desember
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30999/ululalbab.v1i3.2939

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada tiga: (1) membandingkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Fikih siswa kelas IX di MTs SA As Solehhiyah Bojongsoang, Bandung, sebelum penerapan model STAD dan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, (2) membandingkan hasil belajar setelah penerapan model STAD, dan (3) menganalisa peningkatan hasil belajar setelah penerapan model STAD dibandingkan dengan metode konvensional. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan menggunakan desain kuasi eksperimen. Instrumen penelitian terdiri dari 16 soal pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif awal antara kelas eksperimen (model STAD) dan kelas kontrol (metode konvensional), dengan nilai p-value sebesar 0,003, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai p-value sebesar 0,000, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai p-value sebesar 0,000. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas model STAD dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih. Perbedaan awal menyoroti tingkat kemampuan awal siswa yang bervariasi, sementara peningkatan yang signifikan setelah penerapan model STAD menggarisbawahi manfaat potensial dibandingkan dengan metode pengajaran tradisional. Penerapan model STAD dalam pengajaran yurisprudensi Islam secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional. Penelitian ini mendukung perlunya reformasi pendidikan untuk memasukkan model pengajaran inovatif seperti STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Implementasi Pembiasaan Salat Duha dan Tadarus Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter Siswa Karmilah Sari; Lalan Sahlani
ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30999/ululalbab.v1i2.2940

Abstract

Penelitian ini menyelidiki inisiatif pembangunan karakter di MI Al-Gozali melalui kegiatan pembiasaan seperti salat Duha dan pembacaan Al-Qur’an. Kegiatan-kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai karakter inti pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengamati partisipasi siswa dan guru dalam program salat Duha dan pembacaan Al-Qur’an. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk menilai dampak dari kegiatan-kegiatan ini terhadap pengembangan karakter. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan yang sudah menjadi kebiasaan ini menumbuhkan beberapa karakter di antara para siswa. Secara khusus, praktik salat Duha dan pembacaan Al-Qur’an meningkatkan kedisiplinan, karena siswa berusaha untuk datang tepat waktu; religiusitas, menumbuhkan kecintaan dan komitmen untuk beribadah; tanggung jawab, seperti yang terlihat dalam penyelesaian tugas-tugas yang diberikan; dan kemandirian, di mana siswa menjadi tidak terlalu bergantung pada orang lain. Pelaksanaan kegiatan pembangunan karakter di MI Al-Gozali menghasilkan perilaku yang lebih baik di antara para siswa di berbagai konteks, termasuk keluarga, sekolah, dan masyarakat. Program-program ini berkontribusi secara signifikan terhadap perkembangan siswa secara holistik, sejalan dengan tujuan pendidikan sekolah. Pembiasaan salat Duha dan pembacaan Al-Qur’an di MI Al-Gozali secara efektif mempromosikan nilai-nilai karakter yang penting, yang berkontribusi pada perilaku siswa yang lebih baik secara keseluruhan.
Upaya Meningkatkan Daya Ingat Siswa Melalui Metode Mind mapping Isma Yanti; Bilqis Salbiyyah; Faidatus Sa’adah; Fauzan Aliyan
ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. 1 (2024): April
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30999/ululalbab.v2i1.3213

Abstract

Guru menggunakan berbagai strategi untuk memfasilitasi pemahaman siswa, yang bertujuan untuk membuat proses pembelajaran sesederhana mungkin. Salah satu pendekatan yang efektif adalah metode pemetaan pikiran, yang menggunakan peta konsep untuk membantu siswa meringkas poin-poin penting dalam materi. Penelitian ini menyelidiki dampak dari metode mind mapping terhadap retensi ingatan siswa pada materi Fikih puasa di kelas 8 di SMPN 3 Bandung. Penggunaan mind mapping dianggap sebagai salah satu alat alternatif untuk meningkatkan hasil belajar, yang diukur dari tingkat keberhasilan siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, yang ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh. Analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan ini mendukung hipotesis bahwa mind mapping adalah alat pendidikan yang efektif untuk meningkatkan retensi memori siswa dan kinerja pembelajaran secara keseluruhan. Penerapan metode pemetaan pikiran secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang menunjukkan keefektifannya sebagai strategi pendidikan.
Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 7 Bandung Sinta Rahmawati; Dena Ristiyanti; Indra Lesmana; Muhammad Nandang Kusumah
ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Universitas Islam Nusantara, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30999/ululalbab.v1i2.3333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 7 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Subjek penelitian terdiri dari siswa SMKN 7 Bandung. Temuan menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa dalam PAI terutama berasal dari hafalan Al-Qur'an, karena tidak semua siswa mahir membacanya. Program PAI di SMKN 7 Bandung mengamanatkan bahwa siswa harus menghafal setidaknya Juz 30 Al-Qur'an untuk lulus. Persyaratan ini telah menimbulkan keluhan siswa, karena banyak yang tidak mahir dalam membaca Al-Qur'an, sehingga sulit untuk menghafal. Dapat disimpulkan bahwa kesulitan dalam menghafal Al-Qur'an merupakan faktor utama yang menghambat pembelajaran PAI di SMKN 7 Bandung. Meskipun demikian, para guru PAI telah berhasil menyampaikan materi pelajaran. Para guru telah mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut dengan menerapkan program tahsin.

Page 1 of 2 | Total Record : 20