Ulul Albab: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 1 No. 2 (2023): Agustus

Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 7 Bandung

Sinta Rahmawati (Universitas Islam Nusantara Bandung)
Dena Ristiyanti (Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Indra Lesmana (Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Muhammad Nandang Kusumah (Universitas Islam Nusantara, Bandung)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 7 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Subjek penelitian terdiri dari siswa SMKN 7 Bandung. Temuan menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa dalam PAI terutama berasal dari hafalan Al-Qur'an, karena tidak semua siswa mahir membacanya. Program PAI di SMKN 7 Bandung mengamanatkan bahwa siswa harus menghafal setidaknya Juz 30 Al-Qur'an untuk lulus. Persyaratan ini telah menimbulkan keluhan siswa, karena banyak yang tidak mahir dalam membaca Al-Qur'an, sehingga sulit untuk menghafal. Dapat disimpulkan bahwa kesulitan dalam menghafal Al-Qur'an merupakan faktor utama yang menghambat pembelajaran PAI di SMKN 7 Bandung. Meskipun demikian, para guru PAI telah berhasil menyampaikan materi pelajaran. Para guru telah mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut dengan menerapkan program tahsin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Ululalbab

Publisher

Subject

Religion Education

Description

ULUL ALBAB: Journal of Islamic Education (e-ISSN 3026-0736; p-ISSN 3026-1414) is published by the Faculty of Islamic Religion at Universitas Islam Nusantara Bandung. ULUL ALBAB journal is open to the public as a platform to foster creativity and encourage collaborative efforts among academics, ...