Penggunaan berbagai metode pedagogis dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Di antara metode-metode tersebut, metode drill, yang melibatkan latihan yang berulang-ulang dan sungguh-sungguh melalui kegiatan lisan, tulisan, dan fisik, sangat menonjol. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan ketangkasan dan kemahiran siswa dalam menguasai materi pembelajaran, memperkuat asosiasi, dan menyempurnakan keterampilan untuk memastikan keabadian. Masalah penting dalam proses pembelajaran adalah rendahnya kapasitas retensi siswa untuk memahami isi pelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi retensi memori lebih dari sekadar kebiasaan belajar yang efektif, tetapi juga mencakup metode pengajaran yang digunakan. Penelitian ini menyelidiki dampak dari latihan yang berulang-ulang dalam meningkatkan daya ingat siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan analitis, penelitian ini menguji efektivitas metode drill dalam meningkatkan retensi memori di kalangan siswa di SMP Al-Istiqomah Baleendah. Temuan dari tinjauan literatur menunjukkan bahwa metode drill secara signifikan meningkatkan retensi memori siswa dibandingkan dengan metode yang sebelumnya digunakan di IRE. Implementasi metode drill telah menunjukkan peningkatan yang luar biasa dalam hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil yang memuaskan dalam penilaian post-test setelah sesi latihan yang berulang-ulang.
Copyrights © 2023