Ulul Albab: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 1 No. 2 (2023): Agustus

Peran Lingkungan Sekolah dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN 10 Bandung

Fitri Rahmawati (Universitas Islam Nusantara, Bandung,)
Jihan Fadhillah Nasution (Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Haiffa Nur Nafisah (Universitas Islam Nusantara, Bandung)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2023

Abstract

Kesulitan belajar merupakan hambatan yang dialami peserta didik dalam usahanya mempelajari mata pelajaran yang dipelajarinya di sekolah, atau hal-hal yang dapat mengakibatkan kegagalan kemajuan belajarnya. Kesulitan belajar dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik internal maupun eksternal. Oleh karena itu, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui Peran lingkungan sekolah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data akan diperoleh melalui beberapa cara, seperti observasi lapangan, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya lingkungan sekolah berperan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Lingkungan sekolah yang mendukung dan memotivasi siswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Lingkungan yang nyaman, aman, dan teratur menciptakan suasana belajar yang kondusif, mempengaruhi motivasi belajar siswa. Melalui interaksi antara guru dan siswa, serta pemanfaatan sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan sekolah yang positif dapat membangkitkan semangat belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Ululalbab

Publisher

Subject

Religion Education

Description

ULUL ALBAB: Journal of Islamic Education (e-ISSN 3026-0736; p-ISSN 3026-1414) is published by the Faculty of Islamic Religion at Universitas Islam Nusantara Bandung. ULUL ALBAB journal is open to the public as a platform to foster creativity and encourage collaborative efforts among academics, ...