Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi
Vol 7, No 3 (2024): Juni 2024

Implementasi Pemasaran Digital untuk Peningkatan Daya Saing pada Komunitas Gerakan Seribu Tangan Kreatif Lampung

Zuriati Zuriati (Politeknik Negeri Lampung)
Oktaf Rina (Politeknik Negeri Lampung)
Nurul Qomariyah (Politeknik Negeri Lampung)
Sriyanto Sriyanto (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Abstrak - Untuk memenuhi kebutuhan pasar yang selalu berubah, terutama di era teknologi ini, maka UMKM perlu melakukan inovasi di bidang pemasaran, misalnya dengan menggunakan pemasaran digital, yang dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan memastikan bahwa perusahaan dapat bertahan dan berkembang.   Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan aplikasi pemasaran digital berupa website e-commerce untuk Komunitas Gerakan Seribu Tangan Kreatif Lampung. Pengembangan aplikasi pemasaran digital membutuhkan proses yang cepat dan efektif. Teknik pengembangan perangkat lunak Rapid Application Development (RAD) dipilih untuk  digunakan pada pembuatan aplikasi ini, karena terbukti sangat efektif. Tahapan pengembangan dengan teknik RAD adalah:  requirements planning, user design, construction, dan cutover. Pada tahap requirements planning, dilakukan pengumpulan data  melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokument. Tahap user design  menghasilkan use case diagram, class diagram, dan activity diagram. Tahap construction  adalah tahap pembuatan aplikasi menggunakan PHP dengan framework CodeIgniter 4 dan basisdata MySQL. Pada tahap ini, pengembang melakukan pengkodean, pengujian unit, dan integrasi modul untuk memastikan aplikasi berfungsi sesuai dengan spesifikasi. Tahap cutover melibatkan pengujian sistem keseluruhan menggunakan metode blackbox testing. Hasil pengujian aplikasi menunjukkan bahwa penerapan metode RAD dapat mempercepat siklus pengembangan, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan kualitas aplikasi pemasaran digital.Kata kunci: Inovasi Pemasaran, Pemasaran Digital, Rapid Application Development, UMKM. Abstract - To meet the ever-changing market demands, especially in this digital era, MSMEs need to innovate in marketing by implementing digital marketing to sustain their businesses. The objective of this research is to implement a digital marketing application in the form of an e-commerce website for the Gerakan Seribu Tangan Kreatif Lampung Community. The development of a digital marketing application requires a fast and effective process. The Rapid Application Development (RAD) software development technique was chosen for the creation of this application because it has proven to be quick and effective. The stages of RAD are: requirements planning, user design, construction, and cutover. In the requirements planning stage, data collection is conducted through observation, interviews, and document analysis. The user design stage results in use case diagrams, class diagrams, and activity diagrams. The construction stage involves the development of the application using PHP with the CodeIgniter 4 framework and MySQL database. In this stage, developers perform coding, unit testing, and module integration to ensure the application functions according to specifications. The cutover stage involves testing using the black box testing method. The results of application testing show that the implementation of the RAD method can accelerate the development cycle, increase flexibility, and improve the quality of the digital marketing application.Keywords: Marketing Innovation, Digital Marketing, Rapid Application Development, UMKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jnkti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Komputer Universitas Serambi Mekkah tahun 2018 dan telah Terakreditasi SINTA 5. Jurnal ini terbit sebanyak enam edisi dalam satu tahun yaitu setiap bulan Februari, April, Juni, ...