Jurnal Pendidikan Nasional
Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SDN 12 2x11 ENAM LINGKUNG

Rina Novitri (STKIP Nasional)
Silvia Roza (STKIP Nasional)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 12 2x11 Enam Lingkung. Faktor penyebabnya antara lain keterlibatan siswa di dalam proses pembelajaran matematika masih kurang terlihat, penyelesaian soal–soal tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari–hari, sehingga siswa merasa pelajaran itu hanya teori yang harus dihafal dan selama proses pembelajaran  belum menggunakan model yang membuat siswa aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika di kelas V SDN 12 2x11 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Ekpserimental atau Eksperimen lemah sedangkan rancangan penelitian design statistic group comporison. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 12 2x11 Enam Lingkung sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN  03 2x11 Enam Lingkung sebagai kelas kontrol. Pengambilan Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Data dalam penelitian ini berupa hasil belajar Matematika melalui hasil posttest dengan bentuk Multiple choice.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data pada dimensi pengetahuan. Hasil penelitian nilai rata-rata kedua kelas menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 84 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh di kelas kontrol yaitu 72,57. Berdasarkan uji t didapat thitung =3,61 dan ttabel dengan derajat kebebasan dk 32 dari tabel t(0.95)(32)= 1,68. pada taraf nyata , dari  hasil perhitungan terlihat bahwa  thitung>ttabel berarti H0 ditolak  penerimaan H0 dan  Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Matematika di SDN 12 2x11 Enam Lingkung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Nasional is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. This includes educational administration, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, non-formal education, ...