Jurnal Pendidikan Nasional
Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGALI ISI DAN AMANAT PANTUN DI SD 01 NAN SABARIS

Daryusti (STKIP Nasional)
Rina Novitri (STKIP Nasional)
Muslim (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana menggali isi dan amanat pantun oleh siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Nan Sabaris pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan agar siswa tersebut bisa mencari amanat yang terdapat dalam pantun yang terlihat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Nan Sabaris. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian di Nagari Pauhkambar Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Pengambilan informan dalam penelitian ini dengan Snowball Sampling. Informan dari penelitian ini adalah Siswa dan Guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melalui foto. Uji keabsahan data penelitian ini yaitu melalui 4 kriteria keabsahan data yaitu derajat kepercayaan ( creadibility ) , Keteralihan ( Transferability ) , Kebergantungan ( Dependability ) , dan Kepastian ( Confirmability ) Hasil analisis dan wawancara dengan informan, proses komunikasi dengan yang dilakukan Guru Kelas V sudah dapat dikatakan berjalan dengan baik. Sebagai Komunikator Guru mampu memberikan contoh – contoh pantun yang bisa bermanfaat bagi anak. Interaksi guru dengan siswa sudah berjalan dengan baik, tentu saja pantun yang diberikan guru mudah dimengerti oleh anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pantun sangat penting untuk diajarkan pada siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Nasional is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. This includes educational administration, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, non-formal education, ...