Jurnal Pendidikan Nasional
Vol. 2 No. 1 (2022): Juni 2022

PELAKSANAAN KURIKULUM ADAPTIF DALAM PROGRAM EVALUASI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI

Tania Natasha (Universitas Negeri Jakarta)
Widya Prasetyaningtyas (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Pelaksanaan kurikulum adaptif dalam program evaluasi untuk anak berkebutuhan khusus di SMA Garuda Cendekia untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai pelaksanaan kurikulum adaptif dalam evaluasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi melalui pengamatan langsung dan wawancara. Tujuannya untuk mengetahui apakah pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang diberikan kepada anak berkebutuhan khusus tersebut sudah berjalan secara efektif atau belum. Metode penelitiannya kualitatif melalui observasi dan wawancara kepala sekolah, learning support, siswa berkebutuhan khusus pada saat pembelajaran berlangsung. Terdapat penyesuaian jumlah soal dan waktu dalam evaluasi. soal yang sulit dianggap tidak fungsional untuk anak berkebutuhan khusus sehingga dihilangkan. penilaian menggunakan observasi seperti keterampilan dan sikap serta praktikum dilakukan secara terpisah. Learning Support bekerja sama dengan guru reguler dalam penyusunan soal untuk anak berkebutuhan khusus. Terdapat kode yang melambangkan soal-soal untuk siswa akomodasi dan modifikasi. Evaluasi di SMA Garuda Cendekia dilaksanakan menggunakan kurikulum adaptif melalui kedua programnya yaitu Akomodasi dan Modifikasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Nasional is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. This includes educational administration, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, non-formal education, ...