Jurnal Pendidikan Nasional
Vol. 2 No. 2 (2022): Desember

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGAJAR MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK INDIVIDUAL DI SD NEGERI 03 GERAGAHAN KECAMATAN LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Fadli.S (SD NEGERI 03 GERAGAHAN KECAMATAN LUBUK BASUNG)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Kompetensi guru khususnya guru di SD dalam mengajar di masih rendah. Untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Negeri 03 Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam dalam mengajar maka diperlukan tindakan sebagai langkah perbaikan, dengan melaksanakan kegiatan penelitian tindakan sekolah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar. Subjek penelitian yaitu guru-guru di SD Negeri 03 Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam pada semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 5 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, sedangkan penilaian terhadap kriteria kualitas pelaksanaan proses belajar mengajar dari guru yang diamati dan diobservasi dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan komptensi guru dalam mengajar dinilai melalui 4 aspek penilaian yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan proses pembelajaran menunjukkan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Rata-rata hasil penilaian terhadap 4 aspek penilaian kompetensi guru dalam mengajar pada setiap siklusnya dapat dijelaskan bahwa pada kondisi awal sebesar 54,75 masuk dalam kriteria (C), pada siklus kedua 74,07 masuk dalam kriteria (C) dan pada siklus terakhir sebesar 93,51 dan masuk dalam kriteria nilai (SB). Kesimpulannya adalah pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik individual ditunjang dengan pelaksanaan supervisi kunjungan kelas terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru SD Negeri 03 Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam pada semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Nasional is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. This includes educational administration, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, non-formal education, ...