Jurnal Pendidikan Nasional
Vol. 2 No. 2 (2022): Desember

PEMANFAATAN KARTU ATENG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 PINCURAN VII TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rani Triana (SDN 14 Pincuran VII)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari masih rendahnya nilai mata pelajaran IPS dibandingkan dengan KKM yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keberhasilan proses pembelajaran menggunakan Kartu Ateng pada pembelajara IPS tentang kondisi geografis sosial budaya negara-negara ASEAN. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VI di SDN 14 Pincuran VII. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaa (Planning), pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 14 Pincuran VII Kecamatan Ampek Angkek yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mendapatkan informasi tentang keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tes tertulis digunakan untuk mengukur pencapaian siswa setelah pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Kartu ateng ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam bekerja sama dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang kondisi geografis sosial budaya negara-negara ASEAN di kelas VI SDN 14 Pincuran VII tahun 2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil tiap siklus mengalami peningkatan yaitu diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 69,62 meningkat menjadi 73,51 pada siklus II. Presentase jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan juga meningkat pada siklus I sebesar 88,88% (Kategori Baik), meningkat menjadi 91,67% (Kategori Istimewa) pada siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Nasional is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. This includes educational administration, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, non-formal education, ...