Jurnal Pendidikan Nasional
Vol. 2 No. 2 (2022): Desember

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN 1 SAMPAI DENGAN 10 MENGGUNAKAN PERAGA BENDA KONKRET SISWA KELAS I SD NEGERI 12 KOTO GADANG KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Linda Novia (SDN 12 Koto Gadang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika materi Bilangan 1 sampai dengan 10 di kelas I SD Negeri 12 Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2021/2022, sehingga berimplikasi pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dilaksanakan masing-masing dengan 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 12 Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 jumlah siswa 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari tiap-tiap siklus. Peningkatan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal terdapat 4 siswa atau 28,57% yang dinyatakan tuntas, pada siklus pertama meningkat menjadi 10 siswa atau 71,43% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 92,86% atau 13 siswa dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 14 siswa, serta peningkatan rata-rata pada kondisi awal sebesar 55,00, meningkat menjadi 66,43 pada siklus pertama dan 77,86 pada siklus kedua. Adapun ketuntasan belajar pada kondisi awal terdapat 3 siswa atau 21,43% yang dinyatakan tuntas, pada siklus pertama meningkat menjadi 8 siswa atau 57,14% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 92,86% atau 13 siswa dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 14 siswa. Perolehan angka tersebut telah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu minimal 85% dari jumlah siswa mengalami peningkatkan hasil belajarnya atau mendapat nilai ≥ KKM=70. Kesimpulannya adalah pemanfaatan alat peraga benda konkret terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 12 Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 pada pembelajaran matematika materi Bilangan 1 sampai dengan 10.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Nasional is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. This includes educational administration, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, non-formal education, ...