Jurnal Pendidikan Nasional
Vol. 3 No. 1 (2023): Juni 2023

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA MELALUI KEGIATAN IHT DI SDN 29 KOTO HILALANG KECAMATAN AMPEK ANGKEK KABUPATEN AGAM SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Meiriza Harni (SDN 29 KOTO HILALANG KECAMATAN AMPEK ANGKEK)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini menekankan kepada peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dengan pelaksanaan kegiatan iHT di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan empat langkah pokok, yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat kesimpulan bahwa pelaksanaan iHT terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil penilaian kompetensi guru-guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva di mana pada kondisi awal rata-rata nilai 45,88 dan masuk dalam kategori Kurang (K), meningkat pada siklus pertama dengan rata-rata nilai 70,93 dan masuk dalam kategori Cukup (C) dan pada siklus kedua dengan rata-rata nilai 90,40 dan masuk dalam kategori Baik (B). Adapun peningkatan kompetensi guru-guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva secara individu pada kondisi awal belum ada guru yang dinyatakan tuntas, pada siklus pertama 10 guru atau 55,56% dinyatakan tuntas dan pada siklus kedua 18 guru atau 100% dinyatakan tuntas. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan iHT terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru-guru di SD Negeri 29 Koto Hilalang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Nasional is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. This includes educational administration, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, non-formal education, ...