Jurnal Pendidikan Nasional
Vol. 3 No. 1 (2023): Juni 2023

PENGARUH PENERAPAN MODEL SUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 01 NAN SABARIS

Japemar (DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA PARIAMAN)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IV SDN 01 Nan Sabaris. Salah satu faktor penyebabnya adalah, beberapa dari peserta didik tidak memperhatikan pendidik dalam menyampaikan pelajaran serta guru belum menggunakan model STAD dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh penerapan model student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas IV SD Negeri 01 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian adalah Posttest-Only Control Design. Populasi penelitan ini adalah semua siswa kelas IVA dan IVB dengan jumlah siswa 40 orang SDN 01 Nan Sabaris. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sehinnga terpilih kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang di gunakan berupa test. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen 85.05 dan rata-rata nilai di kelas kontrol 76.9. Dari hasil uji statistik diperoleh thitung = 2.32 dan tta bel = 2.024. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Penerapan penggunaan model student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di SDN 01 Nan Sabaris.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Nasional is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. This includes educational administration, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, non-formal education, ...