Jurnal Pendidikan Nasional
Vol. 3 No. 1 (2023): Juni 2023

PENGARUH PENGGUNAAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 21 SIKAPAK BARAT

Zulfiati (SDN 21 SIKAPAK BARAT)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA khususnya siswa kelas V SDN 21 Sikapak Barat. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah guru belum menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif dan pembelajaan yang berlangsung masih berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 21 Sikapak Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 21 Sikapak Barat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh yang berjumlah 40 orang semua. Data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji persyaratan analisis dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan Harga ttabel dengan a = 0.05 dan dk 38 yaitu 1,68. Dari penelitian didapatkan thitung = 3,36, karena thitung> ttabel sehingga Ha diterima berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan Model Talking Stick dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Talking Stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 21 Sikapak Barat.Model

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Nasional is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. This includes educational administration, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, non-formal education, ...