Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kemampuan berfikir matematis siswa selama pembelajaran daring di masa pendemi Covid-19 sehingga dapat menjadi bahan evaluasi proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Sanden. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII F SMP N 2 Sanden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tugas subjek penelitian adalah tugas matematika siswa, angket kemampuan berfikir matematis siswa pada pembelajaran pembelajaran daring di semester genap pada tahun 2022 selama Covid-19, wawancara yang dilakukan secara langsung disekolah dan dokumentasi. Kemampuan berfikir matematis ditentukan oleh banyaknya indikator kemampuan berfikir matematis yang terpenuhi yaitu kemampuan pemahaman matematis, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan penalaran matematis, kemampuan koneksi matematis, dan kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan berfikir matematis siswa dalam kategori tinggi adalah siswa yang dapat menyelesaikan soal dengan memenuhi 53,9% indikator. Kemampuan berfikir matematis siswa dalam kategori sedang adalah siswa yang dapat menyelesaikan soal dengan memenuhi 45,2% indikator dari kelima kemampuan. Kemampuan berfikir matematis siswa dalam kategori rendah adalah siswa yang dapat menyelesaikan soal dengan memenuhi 32,8% indikator dari kelima kemampuan.
Copyrights © 2023