Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation
Vol 1, No 1 (2024): Februari 2024

Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Kepekaan Sosial Peserta Didik

Ayu Lintri Shinta (Universitas Lampung)
Hermi Yanzi (Universitas Lampung)
Ana Mentari (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Learning terhadap kepekaan sosial peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Tebing Tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan angket peserta didik peer-asssesment dengan jumlah sampel 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan menggunakan teknik observasi dan angket peserta didik yang berupa penilaian antar teman. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji Independen Sample t-Test bantuan SPSS versi 25. Pada hasil observasi kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 87,21% dan termasuk dalam kriteria sangat baik dan hasil observasi pada kelas kontrol diperoleh persentase sebesar 69,5% dan termasuk dalam kriteria baik. Kemudian pada angket peserta didik peer-assessment kelas eksperimen mendapatkan nilai 88,3% berkategori sangat baik dan di kelas kontrol mendapatkan nilai 78% termasuk dalam kategori baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

HEMAT

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Physics Transportation

Description

HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3843 (Cetak - Print) dan 3032-1875 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. HEMAT: Journal of Humanities Education Management ...