TarbiyahMU
Vol. 2 No. 1 (2022): TarbiyahMu

Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Di SMP MBS Muhammadiyah 06 Malang: Implemantasi Dan Implikasinya Pengembangan Kurikulum

Nurdiana, Ryan (Unknown)
Ana Dewi, Siti (Unknown)
Setiawan, Cecef (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Tulisan ini hendak menjelaskan dan menguraikan bagaimana konsep dan model pengembangan kurikulum mata pelajaran Bahasa Arab dan bagaimana implementasi dilapangan serta problematika yang dihadapi oleh pengajar. Penelitian ini dilakukan di SMP MBS Muhammadiyah 06 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah indeph interview sedangkan sebagai pendukung digunakan observasi dan analisis dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pengembangan kurikulum di sekolah ini menggunakan model grass rott. Dimana pada sekolah ini guru sebagai penggagas ide dalam pengembangan kurikulum. Kurikulum yang ada dikembang oleh guru bahasa Arab itu sendiri dengan menyesuaikan dengan keadaan lapangan. Dalam implementasinya terdapat banyak problem yang dihadapi pengajar dalam proses pembelajarannya diantaranya banyak siswa yang masuk ke sekolah ini tidak mempelajari bahasa arab di sekolah dasar sebelumnya sehingga perlu mepelajarinya dari titik awal. Kemudian sekolah mengembangkan konsep lingkungan bahasa bagi kelas pesantren namun masih dalam proses perkembangan karena kelas tersebut baru angkatan pertama.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TarbiyahMU

Publisher

Subject

Religion Humanities Other

Description

TarbiyahMu merupakan jurnal ilmiah yang berkomitmen untuk memajukan pengetahuan dan praktik di bidang pendidikan melalui publikasi penelitian yang berkualitas. Jurnal ini berfokus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian di bidang pendidikan, pendidikan anak usia dini, budaya Islam, dan ...