Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 121248 PEMATANG SIANTAR

Pentaria Sianipar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Osco Parmonangan Sijabat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Andriono Manalu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi IPA)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 121248 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini,peneliti menggunakan jenis penelitian metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi peneliti sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian,analisis data bersifat kuantitatif/ statistic,dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Adapun analisis data menggunakan rumus statistic deskriptif,kemudian korelasional,analisis regresi sederhana dengan memperhatikan nilai koefesien determinasi dan hasil uji-t. Berdasarkan analisis tersebu,disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 121248 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024 karena nilai t-tabel ( 2.371>1.056 ) dan nilai signifikasi < 0,05(0,000<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...