Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 121308 KOTA PEMATANGSIANTAR

Carolina Sembiring Meliala (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Janwar Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Desi Sijabat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah menggunakan model pembelajaran. Berdasarkan jenis-jenis model pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar terkhususnya pada mata pelajaran IPA adalah model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD negeri 121308 Kota Pematangsiantar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan One Group Pretest Postest Design dengan jenis penelitian pra eksperimen. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 37 siswa, dan sampel yang sama yaitu 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes (Pretest dan Posttes) dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji paired samples t test. Berdasarkan analisis tersebut, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD negeri 121308 Kota Pematangsiantar. Karena Rhitung (0,103> Rtabel (0,44) hal ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD negeri 121308 Kota Pematangsiantar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...