Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah menggunakan model pembelajaran. Berdasarkan jenis-jenis model pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar terkhususnya pada mata pelajaran IPA adalah model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD negeri 121308 Kota Pematangsiantar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan One Group Pretest Postest Design dengan jenis penelitian pra eksperimen. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 37 siswa, dan sampel yang sama yaitu 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes (Pretest dan Posttes) dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji paired samples t test. Berdasarkan analisis tersebut, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD negeri 121308 Kota Pematangsiantar. Karena Rhitung (0,103> Rtabel (0,44) hal ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD negeri 121308 Kota Pematangsiantar.
Copyrights © 2023