Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN DI SD NEGERI 095141 SIOPAT SUHU SIANTAR

Rebecca Panggabean (Unknown)
Janwar Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Hisar Marulitua Manurung (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi Pendidikan Kimia)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SAVI berbantuan media gambar terhadap prestasi hasil siswa kelas IV SD Negeri 095141 Siopat Suhu Siantar Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan Pretest-Postest sebagai instrument penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 orang maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini.Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran SAVI dengan dengan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 095141 Siopat Suhu. Hal ini dibuktikan dari perhitungan pada uji t dengan nilai thitung= 3,641 > ttabel = 2,064 dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...