Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA 2 SUB TEMA 1 SUMBER ENERGI DI SD NEGERI 173425 SIMANULLANG TOBA KECAMATAN DOLOK SANGGUL KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

Sihar Maida Situmorang (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Janwar Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Sukardo Sitohang (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Banyak proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak menggunakan metode pembelajaran dan model pembelajaran yang terbaik sehingga hasil belajar tidak mencapai dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema 2 subtema 1 sumber energi di SD Negeri 173425 Simanullang Toba. Jenis Penelitian ini yang digunakan dalam peneliti kuantitatif merupakan penelitian yang berupa angka-angka serta analisisnya menggunakan statistik. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu eksperimen, dengan penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil uji dan analisis data yang telah dilakukan. Hasil dan pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah diujikan datanya dapat dilihatnya dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada nilai pre-test dan post-test menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada tema 2 Subtema 1 Sumber Energi Di SD Negeri 173425 Simanullang Toba Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...