JUSTICE: Journal of Social and Political Science
Vol 3 No 1 (2023): JUSTICE - Journal of Social and Political Science

CULTURE SHOCK DAN ANXIETY DI LINGKUNGAN BARU : (STUDI ETHNOGRAPHY MENGENAI PROSES PENYESUAIAN DIRI KE BUDAYA AKADEMIK UNIVERSITAS SELAMAT SRI KENDAL)

Awendsa Urfatunnisa Tasyaul Muizzah (Dosen Komunikasi UNISS)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2023

Abstract

Fenomena gegar budaya menjadi salah satu masalah krusial yang kerap kali terjadi di kalangan masyarakat pendatang, terkhususnya bagi mereka yang merantau dari daerah asal ke daerah tempat tinggal yang baru. Kemampuan beradaptasi yang baik dipandang perlu guna menentukan berhasil atau tidaknya proses sosialisasi yang terjadi di lingkungan baru tersebut. Tujuan penelitian ini adalah memahami dan menganalisa proses yang dialami peneliti ketika mengalami perubahan dan penyesuaian budaya akademik ke budaya akademik di Universitas Selamat Sri Kendal dengan metode ethnography, serta mengetahui bentuk-bentuk perubahan-perubahan dan penyesuaian apa saja dalam ranah budaya akademik yang terjadi pada saat peneliti mengalami perubahan dan penyesuaian budaya akademik ketika harus melanjutkan pendidikan di Universitas Selamat Sri Kendal. Dalam penelitian ini, penelitian selain mendapatkan data melalui refleksi diri juga melalui wawancara mendalam pada significant others untuk mendukung data penelitian agar bersifat obyektif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan data penelitian yang dianalisa disajikan dalam narasi subyektif berbentuk ethnography yang menuturkan refleksi diri peneliti terhadap dirinya maupun refleksi diri peneliti yang berasal dari pendapat para significant others.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journals

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Social and Political Science atau Justice merupakan jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Selamat Sri yang terbit setahun dua kali pada bulan Januari dan Juli. Isi dari jurnal ini merupakan tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran konseptual di bidang ilmu ...