Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Pembelajaran Flash Card Materi Bangun Ruang Kelas VI Di Sekolah Dasar

Tsalsabila, Siti Nabila (Unknown)
Aliyyah, Rusi Rusmiati (Unknown)
Gunadi, Gugun (Unknown)
Subasman, Iman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa baik dari hasil belajar siswa ketika menggunakan media pembelajaran flash card pada kelas VI SDN Citapen 01. Studi ini dilakukan karena nilai hasil belajar rendah dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada  penelitian ini, pendekatan yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilengkapi dengan model Kemmis & MC Taggart, yang terdiri dari elemen, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Tes tulis, wawancara, dan observasi adalah metode yang digunakan untuk mendapatkan data. Dalam penelitian ini terlibat 33 siswa dari kelas VI SDN Citapen 01. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% peserta didik dapat mencapai KKM 75. Hasil pra siklus menunjukkan bahwa hanya terdapat 18 (49%) dari 37 siswa mencapai KKM 75. Pada siklus pertama, data menunjukkan 23 (62%) siswa mencapai KKM, pada siklus kedua data menunjukkan bahwa 33 (89%) siswa mencapai KKM. Oleh karena itu, hasil dari pra siklus ke siklus pertama meningkat 13% dan dari siklus pertama ke siklus kedua meningkat 27%. Hasil menunjukkan peningakatan 40% dari pra siklus ke siklus kedua. Oleh karena itu penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran flash card dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi bangun ruang kelas VI SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...