Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah e-commerce sudah efektif diterapkan pada Hotel Kaliki, mengetahui manfaat apakah yang diperoleh Hotel Kaliki dengan menerapkan e-commerce dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi Hotel Kaliki dalam menerapkan aplikasi e-commerce. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi e-commerce di Hotel Kaliki menggunakan platform Traveloka telah dilakukan sejak tahun 2017, namun hasilnya belum optimal dalam meningkatkan jumlah pemesanan kamar secara online. Faktor-faktor seperti kekurangan infrastruktur, sumber daya manusia, dan pengetahuan teknologi informasi mempengaruhi efektivitas aplikasi. Meskipun demikian, platform e-commerce memberikan manfaat seperti memperluas basis pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional, memperkuat citra dan reputasi, serta meningkatkan pengalaman pelanggan. Hotel Kaliki dapat meningkatkan pendapatan dan menjadi contoh bagaimana teknologi membantu industri perhotelan meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan.
Copyrights © 2024